Friday, July 13, 2007

hard week!

Minggu ini studio kedatangan teman-teman yang 'istemewa'

11 juli, Kuss Indarto menyambangi kami. He he diskusi berlangsung dari pk. 11.00 hingga 14.30,sebagai pengamat, kritikus, penulis dan kurator seni (kurang lebih 10 tahun) terpaksa kami 'korek-korek' ilmu dan pengamatannya tentang beberapa point yang kami catat adalah;

Kuss Indarto (tengah) sedang terlibat diskusi
  • seni rupa kontemporer, yaitu perkembangan seni (rupa) dewasa ini khususnya tiga kota yang menjadi indikator (Jakarta, Bandung, Yogyakarta) hingga 'oriental waves' para perupa dari cina. Mengapa tiga kota itu saja?, karena selain geografis budaya juga secara sejarah diketiga kota ini berdiri tiga akademi seni ;IKJ, ITB, dan ISI (d/h STSRI ASRI) yang membentuk atmosfir berkesenirupaan beserta infrastrukturnya.
  • kuratorial, yaitu penilaian dan penyeleksian karya seni rupa dalam kaitannya dengan event pameran serta impact (aksi-reaksi) terhadap publik baik itu kolektor, media dan wacana.

buat saya pribadi beberapa hal (ter) penting adalah;

  1. Kaji ulang atau re-definisi tentang keindahan yang saya percayai
  2. Kaji ulang atau re-definisi tentang etik kerja Visual Artist (perupa)
  3. Kaji ulang atau re-definisi tentang wacana seni rupa dewasa ini

12 Juli, Ade Darmawan seorang perupa, aktifis new media dan direktur 'Ruang Rupa' yang menggagas event OK Video Militia di galeri nasional pada minggu ini.

Ade Darmawan (no 2 dari kiri) di' interogasi' ttg keilmuan kontemporernya

ini pertemuan 'dadakan' yang rencananya di Ruang Rupa, syukurnya bapak Ade ini mau juga di culik ke studio kita. He he juga biar Ade me'provokasi' studio seni rupa agar we've got the feel about new media in contemporary art.

Selain itu juga the Main Agenda nya; mengajak bapak Ade ini untuk numpahin ilmu dan pengalamannya di Kampus Untar.... khususnya tentang Media Visual atau audio visual

he he ngga berlebihan kalau saya katakan kedua tamu kami adalah tokoh-tokoh dalam dunia rupa kontemporer..., it's blessed for us, sekilas ada rasa 'ketinggalan' dari kedua teman ini...(kami berasal dari almamater yang sama,) karena mereka praktisi dan bersentuhan di seni rupa baik dengan aspek sosial, budaya, proses kreatif,...etc. He he Ade Darmawan tanya 'Apa yang elu dapet 10 tahun di sini?' itu merupakan ajakan untuk mengkaji ulang tentang profesi pengajar ini...hmmm harusnya ada jawaban .... (apa ya?)

Face (akirilik di atas kertas)

wah saya mulai masuk ke zona tidak 'nyaman'.... something I must fight for....

well, I missed the train but there are jet planes waiting for me....

salam

Yassir

2 comments:

kuss-indarto said...

hai, Sir...
kirimin donk foto2 saat aku di kampusmu. Bisa ke kuss.indarto@gmail.com ya. Tengkiu

rico said...

cihuy! makin seru nih studio... baik sekali telah ada pendokumentasian yang dilakukan.

omong2, di kampus ada handy cam, atau tidak ya? saya terpikir, kalau clip video bisa di'share' (mungkin lewat youtube.com - gratis) sehingga makin banyak orang yang dapat belajar...
atau, cikal dari tv komunitas fsrd untar yang kemudian berkembang menjadi 1st Indonesian ARTv, barangkali? hehe (dream on..!)

salam