Saturday, July 7, 2007

Makna atawa Arti lukisan

membicarakan arti dan makna lukisan...?

orang awam mencoba melihat karya seni dengan mengupas makna lukisan,
koq susah ya? ...atau coba menikmati dengan cara yang lain..


  • coba untuk menikmati hanya apa yang dapat dilihat dengan mata, nikmati saja warna, garis, irama ... dst. Kadang-kadang bentuk yang tampil bisa saja terbaca atau juga tidak. Sebagai komparasinya; untuk menikmati musik atau film kita tidak selalu mengartikannya toh?
  • biarkan bagian kanan otak kita menikmati nya, Yap..!, tentang keindahan adalah wilayah 'departement kanan' ini
  • selanjutnya kalau masih ada energi, baru anda dapat saja mengajak otak kiri bekerja dengan mencari tahu atau latar belakang si perupa, teknik dan mediumnya hingga sampai ke makna dan konsep karya rupanya.

Seni mungkin saja dapat dijabarkan dan dikupas secara logika (baca; otak kiri) namun itu semua dapat membuat keindahan (atau apapun namanya) menjadi hambar.....

Kebelasuk (lino-cut)

..(seperti saya s'lalu katakan) siapa yang dapat mengatakan dan menguraikan MAKNA & ARTI hidup?,... yang jelas bukan saya... he he
mungkin dari kyai, pendeta atau filsuf.... atau orang yang 'suci' (apalagi ini bukan saya)

yang saya tahu hidup ya biarkan berjalan dan ngalir aja,.... dinikmati, disyukuri! life goes on..!karena ini hidup saya, ini pencarian saya...


hidup itu praktek (he he kata tukul)



dengan itu dapat dirasakan bahwa 'life is beautiful'

pada akhirnya perjalanan dam pencarian memberi ARTI & MAKNA bagi hidup


salam erat

yassir
Ekspresi wajah (akrilik di atas kertas)

No comments: